Standard Operating Procedure atau yang akrab disingkat SOP merupakan standar manajemen yang berlaku di waralaba. SOP adalah salah satu kunci mengapa waralaba bisa meraih sukses. SOP berisi tata cara yang harus diikuti oleh semua pemilik waralaba agar sesuai standar pelayanan dan lebih menjamin kesusesan waralaba mulai dari memilih karyawan, cara memproduksi, bagaimana melatih, bagaimana memasarkan dan sebagainya. SOP adalah salah satu penyebab mengapa kita membeli waralaba lebih mahal disbanding membuat bisnis sendiri karena SOP bisa dianggap sebagai rahasia sukses bisnis yang ditransfer dari pewaralaba kepada terwaralaba.
Setidaknya ada 7 SOP wajib yang akan anda terima dan perlu dipelajari jika membeli waralaba.
- Produksi dan Distribusi.
Produksi menjelaskan tata cara bagaimana
tahapan memproduksi produk sesuai standar. Distribusi menjelaskan
bagaimana perpindahan produk dari satu tempat ke tempat lainnya. Contoh
SOP yang termasuk produksi dan distribusi seperti proses mendapatkan
bahan baku, proses mengelolah bahan baku menjadi produk siap jadi,
proses pengemasan barang yang dibeli dalam bentuk curah menjadi produk
dalam kemasan, proses pengaplikasian sebuah produk, proses menghasilkan
sebuah jasa tertentu.
- Pemasaran
SOP waralaba bisanya menyediakan
bagaimana proses memasarkan produk. Contoh SOP yang termasuk SOP
pemasaran diantaranya proses mengetahui konsumen dari produknya,proses
melakukan komunikasi dengan konsumen tentang keberadaan dan manfaat
produk-produk, proses melakukan penjualan kepada konsumen
- Akuntansi, Keuangan, & Pajak
Waralaba
yang baik akan menyediakan SOP bagaimana mengurusi hal-hal yang
berkaitan dengan arus uang keluar dan masuk (dari hasil transaksi
harian), bagaimana membuat pembukuan atau penyajian laporannya. Contoh
SOP yang termasuk akuntansi ini seperti proses transaksi harian ditempat
usaha kita, proses pencatatan/pembukuan transaksi-transaksi tersebut,
proses perhitungan, pelaporan, dan pembayaran pajak.
- SDM & Pengembangannya
SOP SDM meliputi proses rekrutmen,
seleksi, pelatihan dan pengangkatan karyawan serta pengawasan kinerja
karyawan sehari-hari. Sedangkan pengembangan SDM meliputi evaluasi
kinerja karyawan, re-training (pelatihan lanjutan), promosi, dan
sebagainya.
- Pelayanan & Pengelolaan Pelanggan
SOP pelayanan dan pengelolaan pelanggan
meliputi proses penyambutan konsumen/pelanggan yang datang ketempat
usaha kita, proses membantu konsumen/pelanggan memperoleh segala
kebutuhannya, proses membangun database pelanggan, proses pengelola
pelanggan.
- Operasional Usaha
SOP ini meliputi kegiatan–kegiatan yang
dilakukan oleh perusahaan setiap hari, setiap bulan, atau setiap tahun.
Kegiatan-kegiatan ini sudah ditentukan tanggal operasionalnya sehingga
tidak saling menggangu, justru saling mendukung. Contoh SOP operasional
seperti prosedur operasional sehari-hari, prosedur penanganan complain,
prosedur pengawasan usaha, prosedur evaluasi usaha, prosedur pengurusan
legatitas usaha, prosedur pengamanan tempat usaha.
- Pembukaan & Penutupan Usaha
SOP pembukaan dan penutupan usaha
meliputi prosedur perencanaan pembukaan usaha baru, prosedur realisasi
rencana pembukaan usaha baru, prosedur pengelolaan risiko pada usaha
yang sudah berjalan, dan prosedur penutupan usaha & pemberesan.
0 comments:
Post a Comment